Sabtu, 18 Oktober 2014

Minum 3 cangkir kopi per hari untuk tingkatkan kesehatan lever

 
Kopi, minuman beraroma kuat ini biasanya menemani pagi Anda untuk membuat Anda lebih bersemangat. Sebab kandungan kafein di dalamnya mampu meningkatkan hormon adrenal untuk membuat Anda lebih fokus dan mudah berkonsentrasi. Selain itu, manfaat kopi nyatanya tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Sebab sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan bahwa kopi bermanfaat untuk menjaga kesehatan lever Anda.

Penelitian ini mengambil sampel 27.793 peserta yang mengonsumsi kopi secara rutin dalam sehari. Kemudian peneliti dari National Cancer Institute di Bethesda, Maryland ini meneliti beberapa enzim di dalam hati.

"Enzim seperti aminotransferase (ALT), aminotransferase (AST), alkaline phosphatase (ALP) dan gamma glutamyl transaminase (GGT) biasanya hadir di dalam sel-sel hati yang rusak, hancur, atau aliran empedu yang diproduksi oleh hati tersumbat. Namun kami menemukan bahwa di dalam hati para peminum kopi memiliki tingkat enzim tersebut yang lebih rendah," jelas Dr Qian Xiao, salah seorang penelit. "Kami pun menyimpulkan bahwa zat alami yaitu kafein di dalam kopi mampu membawa manfaat positif untuk kesehatan hati."

Penemuan yang juga dipublikasikan dalam jurnal Hepatology ini semakin menambah daftar panjang manfaat kafein sebelumnya yang menyebutkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko diabetes, stroke, penyakit hati, dan sirosis (kerusakan hati). Jadi, sudahkah Anda minum kopi hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar