Rabu, 05 November 2014

Sejarah meme foto bayi terpopuler di internet

Sejarah meme foto bayi terpopuler di internet 
Bagi Anda yang gemar bermain-main atau mengakses situs-situs berkonten humor dan penuh dengan meme, pastinya akan mengenal satu foto yang menampilkan gambar seorang anak kecil menggemaskan sedang menggenggam dengan wajah yang tak kalah lucu.

Ternyata, anak kecil tersebut bernama Sammy Griner. Foto tersebut diunggah ibunya, Laney, yang seorang fotografer ke Flickr ketika Sam masih berusia 11 bulan pada tanggal 26 Agustus 2007.


Dikutip dari The Guardian (03/11), Laney menjelaskan bahwa pada waktu itu dia memang sedang mengabadikan momen Sam ketika sedang bermain dan menggenggam pasir. Sesampai di rumah, tanpa mengeditnya terlebih dahulu, Laney kemudian mengunggah foto tersebut ke account Flickr miliknya.

Namun apa disangka, ternyata ada seseorang yang menemukan foto tersebut kemudian mengeditnya dengan membubuhi tulisan, "I hate sandcastles."


 
Satu tahun kemudian, foto Sam tersebut sangat terkenal dan banyak sekali dijadikan meme baik di forum, jejaring sosial, blog sampai dengan website sekelas Reddit atau juga 4Chan.

Popularitas foto Sam tersebut ternyata tidak disukai laney selaku ibu Sam.

"Saya tidak menyukainya. Sammy masih kecil dan pada saat itu saya juga tidak tahu apa yang dimaksud dengan meme itu. Tapi saya tidak menyukai foto Sam dijadikan bahan untuk pembullyan," jelas Laney.

Namun apa yang dapat diperbuat, walaupun sang ibu tidak menyukainya, foto Sam tetap banyak beredar dari satu versi ke versi lainnya dan menjadikannya semakin terkenal. Alhasil, berlandaskan dari popularitas foto tersebut, Sam akhirnya terpilih untuk membintangi sebuah iklan Virgin Media di Inggris dan Amerika Serikat.

Tentu saja, dengan popularitas dan kesuksesan tersebut, yang awalnya tidak menyukai, Laney akhirnya berpendapat lain.

"Menjadi satu hal yang mengejutkan bahwa ketika Anda secara tiba-tiba terkenal di internet, satu hal yang dapat dilakukan adalah menerimanya. Karena setelah sesuatu diunggah ke internet, Anda tidak dapat mengontrolnya atau memilikinya lagi. Yang paling penting adalah mempertahankan hak cipta dan Anda dapat mengambil tindakan hukum apabila ada yang menggunakannya untuk tujuan komersial tanpa sepengetahuan Anda. Untuk foto Sam ini, saya merasa sangat beruntung." tuturnya.


 
Sampai saat ini, foto Sam yang masih orisinil di Flickr tersebut telah dilihat sebanyak 110,197 kali dan dikomentari lebih dari 200 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar