Sabtu, 01 November 2014

Update BBM sekarang juga untuk nikmati chatting khas Snapchat!

Update BBM sekarang juga untuk nikmati chatting khas Snapchat! 
Akhirnya update terbaru BlackBerry Messenger (BBM) tiba di Android dan iOS. Kini pengguna bisa menarik kembali 'kata-kata'-nya dari BBM.

Jika Anda menginstal update terbaru yang sudah tersedia di Google Play Store atau iOS App Store maka secara otomatis dua fitur keamanan baru, yakni 'Timed Messages' (pesan berwaktu) dan Message Retraction (pesan yang dapat ditarik kembali) akan bisa digunakan.

Fitur 'Timed Messages' mirip model chatting di SnapChat, di mana pesan (tulisan, gambar dan video) yang dikirimkan oleh pengguna dapat hilang seketika apabila waktu yang disediakan oleh pengirim untuk melihat pesan tersebut telah habis. Tersedia 6 pilihan waktu berapa lama si penerima bisa melihat pesan tersebut, mulai dari 1 detik sampai 15 detik.

Ya, pengirim hanya perlu menekan ikon timer yang terletak persis di sebelah kanan kolom pesan sebelum mengirimnya. Sayangnya, untuk bisa menggunakan fitur ini si penerima pesan juga harus meng-update BBM-nya.

Di sisi lain, fitur Message Retraction memungkinkan pengguna untuk 'menarik kembali' pesan berupa tulisan yang telah dikirim.

Cara menarik kembali pesan tersebut dari chat BBM pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu menekan (dan tahan) pesan yang ingin ditarik kembali untuk memunculkan beberapa opsi baru yang salah satunya adalah 'Retract Message' atau 'tarik pesan'.

Perlu diingat bila opsi Retract Message hanya bisa dilakukan di chatting dengan satu orang saja dan tidak bisa diaplikasikan dalam chatting grup. Sayangnya, fitur ini akan percuma bila si penerima telah lebih dulu melakukan screenshot pada pesan yang ditarik.

Menurut BlackBerry, pengguna BBM sangat menunggu-nunggu kehadiran dari dua fitur tersebut.
"Fitur-fitur baru dari BBM tersebut sering sekali diminta oleh pengguna, oleh sebab itu kami cukup bersemangat untuk memberikannya pada mereka hari ini (31/10)," ungkap John Sims, presiden Global Enterprise Services BlackBerry.

Perlu diketahui bila BlackBerry hanya akan memberikan update tersebut secara gratis hingga tiga bulan ke depan. Setelah itu, fitur-fitur tersebut dijadikan satu dengan paket bundling BBM terbaru yang berbayar. Walaupun untuk detail harga berlangganan BlackBerry tersebut masih belum di pastikan, CNET (31/10).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar